Pages

Sabtu, 15 Juni 2013

Teknik Dasar Bola Volly

Permainan bola voli merupakan suatu permainan bola besar yang kompleks dan tidak mudah dilakukan oleh semua orang, sebab dalam bola voli dibutuhkan koordinasi seluruh anggota badan. Walaupun demikian, permainan bola voli terus berkembang dan diminati banyak orang dari berbagai negara. Seiring dengan upaya penyempurnaan permainan agar lebih menarik, maka unsur-unsur dalam permainan bola voli mengalami perubahan. Perkembangan teknik diarahkan pada peningkatan upaya bagaimana keterampilan gerak dirancang dengan maksud bola yang dimainkan dapat dilewatkan melalui jaring kelapangan lawan sehingga lawan tidak mampu mengembalikan  bola atau mengalami kesulitan untuk mengembalikan bola dengan baik, tanpa mengabaikan peraturan permainan. Suharno  HP (1983:  38)  mengemukakan  teknik ialah suatu proses gerakan dan pembuktian dalam praktek dengan sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas yang pasti dalam olahraga. Menurut Dieter Beutelstahl (1991:  9) teknik adalah prosedur yang telah dikembangkan berdasarkan praktek dan betujuan  mencari penyelesaian suatu problema pergerakan tertentu dengan cara yang paling ekonomis dan berguna. Sedangkan menurut M. Yunus (1992:  68) teknik adalah cara melakukan atau melaksanakan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif. Menurut (Aip Syarifudin dan Muhadi, 1992:  187-193) menyatakan bahwa dalam permainan bola  voli ada beberapa teknik dasar diantaranya: Servis, Passing atas, passing bawah, smash dan block.
2.1  Servis
Servis merupakan pukulan permulaan yang dilakukan oleh pihakpihak yang berhak melakukan servis untuk memulai menghidupkan bola kedalam permainan.  Nuril Ahmadi  (2007:  20)  mengemukakan  servis adalah pukulan bola yang dilakukan dari belakang garis akhir lapangan permainan melampaui net kedaerah lawan. Servis ada beberapa macam:
2.1.1        Servis atas
Menurut Dieter Beutelstahl (1978: 9) “servis adalah sentuhan pertama dengan bola. Mula-mula servis ini hanya dianggap sebagai pukulan permulaan saja, cara melempar bola untuk memulai permainan. Kemudian servis ini berkembang menjadi suatu senjata yang ampuh untuk menyerang.” Menurut M Yunus (1991: 109), servis merupakan pukulan pembukaan untuk memulai suatu permainan, teknik servis sekarang bukan hanya sebagai permulaan permainan, tapi jika ditinjau dari sudut taktik sudah merupakan suatu serangan awal untuk mendapat nilai supaya sebuah regu dapat memperoleh kemenangan.
Sedangkan menurut Nuril Ahmadi (2007: 20) servis adalah pukulan pertama yang dilakukan dari garis belakang akhir lapangan permainan melampui net ke daerah lawan. Pukulan servis dilakukan pada permulaan dan setiap terjadinya kesalahan. Karena pukulan servis sangat berperan besar untuk memperoleh poin, maka pukulan servis harus meyakinkan, terarah, keras dan menyulikan lawan. Dalam permainan bola voli ada beberapa jenis servis, antara lain servis tangan bawah (underhand service), servis tangan samping (side hand service), servis atas kepala (over head service), servis mengambang (float service), servis topspin, dan servis lompat (jump service).
 Servis atas atau sering disebut overhead floater merupakan salah satu servis yang ada dalam permainan bolavoli. Overhead floater adalah pukulan mengambang, karena bola yang dipukulbergerak ke kiri ke kanan dan ke atas ke bawah pada saat melintasi net (Barbara L. Viera, 2004:27). Menurut Dieter Beutelstahl (1978: 14) servis atas atau floating servis adalah servis yang tidak mengandung spin. Bola seakan-akan melayang, tanpa berputar sama sekali. Secara umum, bola itu melayang, kadang berubah arah, vertikal ataupun horisontal.
“The over head serving technique described in the following sections is the standar method of delivering the fload servis. Styized variations can emerge with experience; however, it is important that each player clearly understand and follow the basic principles described here.” Demikian pendapat William J. Neville (1990: 12).
Menurut Amung Ma’mun & Toto Subroto, (2001: 65) servis atas dilakukan dengan awalan melemparkan bola ke atas seperlunya. Kemudian Server melompat untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari atas.
2.1.2        Servis bawah
Menurut Amung Ma’mun & Toto Subroto,  (2001: 65) servis bawah  dilakukan  dengan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola. tangan yang memukul bola bersiap dari belakang badan untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari bawah.
Menurut Amung Ma’mun dan Toto Subroto, (2001: 63)  servis yang dilakukan  dengan awalan dan cara memukul  yang hampir sama. awalan servis  mengapung adalah melemparkan bola ke atas namun tidak terlalu tinggi ( tidak terlalu tinggi dari kepala ). Tangan yang akan memukul bola bersiap di dekat bola dengan ayunan yang sangat pendek.  Yang perlu diperhatikan dalam servis a) Sikap badan dan pandangan, b)  Lambung keatas  harus sesuai dengan kebutuhan, c) Saat kapanharus memukul Bola, d)  Service  dilakukan untuk mengawali suatu pertandingan voli.
2.2  Passing
Passing merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh seorang pemain dengan menggunakan suatu teknik tertentu untuk mengoperkan bola yang sedang dimainkannya kepada teman dalam satu timnya untuk dimainkan dilapangan sendiri (Nuril  Ahmadi 2007:  22).  Teknik dasar yang paling  utama  dalam permainan bola voli adalah teknik  passing. Passing dapat diartikan mengumpan atau mengoper.  Menurut M. Yunus (1992: 79) passing adalah gerakan mengoper bola kepada teman sendiri dalam satu tim dengan menggunakan teknik tertentu yang digunakan sebagai teknik awal untuk menyususn pola serangan kepada lawan.  Passing  sendiri ada dua jenis yaitu passing bawah dan passing atas. 
2.5.1 Passing bawah
Passing bawah merupakan gerakan pengambilan bola dimana biasanya posisi bola berada dibawah badan yang biasanya dilakukan dengan  kedua tangan bagian bawah juga, dari siku dan pergelangan tangan yang dirapatkan baik untuk dioperkan kepada teman maupun langsung kepada lawan (Aip Syarifudin dan Muhadi, 1993: 198). Teknik passing bawah adalah teknik pengambilan bola dengan menggunakan kedua bagian tangan, yakni perkenaan bola kepada kedua lengan bawah yang bertujuan untuk mengoperkan bola kepada teman dalam satu timnya yang dimainkan di area lapangan sendiri atau sebagai awalan untuk melakukan serangan. Teknik  passing bawah dalah salah satu cara untuk menerima servis atau serangan lawan, karena dengan  menggunakan  passing  bawah setiap pemain masih dapat dengan mudah untuk mengarahkan laju bola.  Passing bawah  merupakan  salah  satu  teknik yang sangat penting, karena passing merupakan suatu teknik yang paling utama digunakan untuk memainkan bola di dalam sebuah pertandingan.
 2.5.2 Passing atas
Passing  atas adalah dimana seorang membagikan bola atau mengoper bola dengan menggunakan jari-jari tangan baik kepada kawan sendiri maupun langsung ditujukan kelapangan lawan melalui atas jaring. (Aip Syarifudin dan Muhadi, 1993: 190). Teknik passing atas biasanya digunakan oleh seorang pemain apabila mendapatkan bola-bola atas yang memang lebih efektif   menggunakan  passing  atas dibanding menggunakan  passing  bawah. Passing  atas juga biasa digunakan oleh pengumpan untuk menggumpankan bola kepada teman dalam satu tim yang biasanya umpan tersebut akan langsung dismash.

2.3  Smash
Smash adalah sebuah pukulan yang dilakukan dengan keras dan tajam dengan jalannya bola menghujam kelapangan lawan (Aip Syaifudin dan Muhadi 1993: 191). Dalam melakukan  smash pemain dapat melakukan dari posisi 2, posisi 3, dan posisi 4 maupun dari posisi belakang pertahanan. 

2.4  Block
Block  merupakan tindakan  dalam usaha untuk mematahkan serangan lawan pada saat bola tepat melewati atas net, dengan menggunakan satu atau dua tangan yang dilakukan oleh seorang pemain ataupun dua, tiga pemain secara bersama-sama dari pihak yang mempertahankan, (Aip Syarifudin dan Muhadi 1993: 193). 

0 komentar:

Poskan Komentar